IBADAH DIBULAN SUCI, PAHALA SEMAKIN TERISI, AKHLAK LEBIH TERPUJI (PESRAM 2024)

TanggalSenin, 18 Maret 2024
Waktu9:46:45
TempatSMA NEGERI 6 MALANG

Ramadhan selalu menjadi bulan yang istimewa bagi seluruh umat muslim di seluruh dunia. Bagi banyak orang, Ramadhan bermanfaat untuk melatih diri agar lebih sabar, ikhlas, istiqamah dalam menjalankan ajaran agama Islam serta mampu menahan hawa nafsu. Tentu saja hal ini perlu dilandasi dengan pemahaman itu sendiri.

Untuk itu, seperti tahun-tahun sebelumnya, SMA NEGERI 6 MALANG melaksanakan kegiatan Pesantren Ramadhan. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali para peserta didik agar bisa lebih meningkatkan ibadah serta memiliki akhlak yang lebih terpuji, seperti tema yang diambil dari kegiatan pesantren ramadhan kali ini yaitu "Ibadah di bulan suci, Pahala semakin terisi, Akhlak lebih terpuji".

Pada tahun ini, Pesantren Ramadhan dilaksanakan 2 hari, Senin dan selasa, 18-19 Maret 2024 yang bertempat di Aula Prawita Graha SMA NEGERI 6 MALANG. Pesram kali ini hanya diikuti oleh 2 angkatan saja, angkatan 2022 ( kelas XI ) dan angkatan 2023 ( kelas X ), dikarenakan kelas XII sedang melaksanakan ujian PSAJ.

Acara ini dibuka secara langsung oleh Kepala SMA Negeri 6 Malang, Bapak Budi Nurani, M.Pd. Sebelum membuka acara, ada beberapa pesan yang beliau sampaikan yang dapat disimpulkan bahwa beliau berharap siswa-siswi SMARIHEKSA bisa memiliki akhlak yang lebih terpuji, lebih meningkatkan ibadah, dan mengisi waktu luang di bulan ramadhan ini dengan hal-hal yang bermanfaat. Beliau juga menyampaikan kegiatan pesantren ramadhan ini tidak lain bertujuan untuk menambah pengetahuan dan lebih menghayati tentang keislaman yang juga perlu diamalkan dengan baik di dalam kehidupan sehari-hari. Dan untuk yang terakhir beliau berharap acara ini bisa berjalan dengan baik dan lancar hingga akhir nanti.

Dalam kegiatan pesram kali ini, panitia menyiapkan beberapa kegiatan seperti tadarus juz 30, lomba-lomba Islami yaitu Lomba Musabaqoh Hifdzil Qur'an (MHQ), Video Kultum dan Lomba Nasyid, dan pastinya ada kajian materi mengenai Mental Healthy Bagi Gen Z di Era Digital oleh Ustadzah Zudistiroh Rohaniyah, M.Pd. Selain itu di pesram kali ini juga banyak sekali hiburan-hiburan yg menyejukkan hati, diantaranya adalah penampilan tari saman dari anggota BDI, penampilan musik religi dan penampilan grup banjari As-Sittah.

Acara ini berlangsung dengan lancar hingga pengumuman pemenang lomba. Dan acara ini juga ditutup oleh kepala SMAN 6 Malang Bapak Budi Nurani, M.Pd. Beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh warga SMARIHEKSA yang sudah berpartisipasi dalam PHBI tahunan ini. (*kn)

Komentar

Form Komentar