NATIONAL APPLIED SCIENCE PROJECT OLYMPIAD

Hai Semuanya! Seperti yang kita tahu masa SMA itu sepanjang jalan yang harus dilalui pelajar untuk merajut dan menebar segala proses untuk pengalaman berharga. Usaha yang sudah diperjuangkan belum tentu disertai hasil yang memuaskan. Kenalin nih, saya Nafi Satul Fuadhah dari 12 IPS 4 di SMA Negeri 6 Malang yang akan membagikan bagaimana pentingnya proses dan pengalaman dibanding hasil dan kemenangan. Sedari awal tahun pelajaran saya mengikuti beberapa ekstrakurikuler dan bimbingan olimpiade ekonomi. Hal itu kulakukan untuk memperdalam ilmu dan memperbanyak pengalaman.

Pada awal tahun 2021, saya mulai mengikuti beberapa lomba karya ilmiah seperti ajang ‘National Applied Science Project Olympiad’ dengan mengusung topik masalah pangan di Indonesia. Disamping bidang non-akademik seperti karya ilmiah, saya berusaha imbang dengan akademik di sekolah untuk perguruan tinggi. Salah satu caranya dengan mengikuti bimbingan olimpiade ekonomi sejak awal tahun pelajaran hingga saat ini, selama ± 2 tahun berjalan banyak pelajaran yang bisa saya dapatkan. Sejak lama saya tertarik dengan hukum dan bisnis sehingga saya mulai mencoba membuat tulisan dan rencana bisnis. Lomba bussines plan yang pertama kali saya ikuti saat acara sekolah dan selanjutnya saya dibarengi tim melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Pada awalnya kami yang belum sepenuhnya paham akan rancangan bisnis tidak mendapatkan hasil yang maksimal, namun setelah mencoba dalam beberapa lomba setelahnya dapat melihat kekurangan sebelumnya.

Pengalaman yang paling berharga dan berkesan selama berkompetisi adalah saat ajang ‘International Youth Science Fair’ dimana saya bisa menjelaskan ide penelitian di ranah Internasional. Di samping itu, kita pasti punya impian atau harapan yang ingin dicapai bukan? Maka, kejar cita-cita kita dan komitmen untuk hal itu. Pengalaman yang saya dapatkan sejak dua tahun lalu saya memasuki bimbingan olimpiade ekonomi hingga sekarang juga merupakan perihal luar biasa.

Pesan saya untuk kita yang sedang berlari mengejar impian untuk masa depan yakni komitmen, fokus, dan jangan hiraukan masalah kecil yang berlalu lalang. Saya yakin kita semua bisa bersinar di masa SMA dan meningkatkan kualitas nilai diri kita menjadi pribadi lebih baik. (*nsf)

Komentar