KEWIRAUSAHAAN SMA NEGERI 6 MALANG KANTIN JAS JUICE SMARIHEKSA

SMA Negeri 6 Malang memiliki kantin yang dikelola oleh guru sehingga tergolong sebagai wirausaha sekolah. Kantin ini didirikan dalam rangka mensejahterakan seluruh warga sekolah. Laba usaha dikumpulkan yang nantinya dapat digunakan untuk mensejahterakan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan sekolah sedangkan bagi peserta didik kantin ini menyediakan kebutuhan minuman maupun jajanan yang sehat, bersih dan berkualitas baik. Bagi beberapa peserta didik yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan diperbolehkan menitipkan produk jualan ke kantin. Kantin tersebut diberi nama “Kantin Jas Juice Smariheksa”. Nama Jas Juice Smariheksa sendiri diambil dari salah satu jenis produk yang dihasilkan yaitu jus buah yang kemudian ditambahkan dengan nama SMA Negeri 6 Malang yaitu Smariheksa.

Jas Juice Smariheksa menjual berbagai macam minuman, jajanan dan snack. Produk unggulan dari kantin ini adalah minuman produksi sendiri yaitu jus buah dan minuman teh racik dengan varian rasa buah yakni strawberi, lemon dan nanas. Minuman jus terbuat dari buah asli pilihan yang dikemas secara higienis dan dibuat dalam kondisi segar setiap hari. Teh racik rasa buah dibuat dari rebusan daun teh beraroma melati yang harum semerbak ditambahkan dengan rasa buah yang berasal dari olahan buah ditambah dengan gula dimasak hingga mengental sehingga menghasilkan cita rasa buah yang manis-asam. Perpaduan racikan teh harum dan rasa asa-manis buah-buahan menghasilkan minuman segar, nikmat dan harum. Teh ini menjadi idola peserta didik SMA Negeri 6 Malang. Setiap harinya jas Juices Smariheksa mampu memproduksi sebanyak 2 resep teh racikan yang menghasilkan kurang lebih 110 cup yang selalu habis diserbu peserta didik. Minuman jus produksi Jas Juice juga tidak kalah diminati kesegaranya.

Jas Juice Smariheksa semakin berkembang pesat hingga saat ini berkat dukungan seluruh warga sekolah yang selalu membeli produk-produk yang dijual di dalamnya. Hampir seluruh produk yang dijual baik minuman, jajanan dan snack yang dijual habis setiap hari. Saat ini jumlah produk yang dijual oleh Jas Juice Smariheksa semakin meningkat, jumlah penitip produk jajanan juga semakin banyak sehingga penghasilan yang didapatkan juga semakin besar. Penghasilan tersebut diputar kembali untuk menambah jenis dan jumlah produk yang dijual. Peserta didik sebagai konsumen Jas Juice ikut memberikan saran tentang jenis jajanan atau snack yang dijual, selain itu mereka juga bertindak sebagai quality control dengan memberikan kritik apabila rasa minuman yang dihasilkan berbeda dari produksi sebelumnya. Berkat sinergi antara pengelola, karyawan dan peserta didik inilah Jas Juice Smariheksa menjadi maju, berkembang dan membesar. (*sh)

Komentar