PEMETAAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI ASESMEN NASIONAL TAHUN 2023

TanggalSenin, 21 Agustus 2023
Waktu11:33:00
TempatSMA NEGERI 6 MALANG

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun mulai dari tahun 2021 untuk memetakan mutu pendidikan di masing-masing satuan pendidikan. Asesmen Nasional mengukur kemampuan kognitif (Literasi dan Numerasi), hasil belajar non kognitif melalui Survey Karakter dan kualitas lingkungan belajar melalui Survey Lingkungan Belajar (Sulingjar). Adapun peserta asemen nasional terdiri dari peserta didik kelas XI yang dipilih secara acak dan dianggap mewakili kualitas pembelajarn di sekolah, seluruh pendidik yang terdaftar pada Dapodik/EMIS dan Kepala Sekolah.

Tahun ini rangkaian pelaksanaan Asesmen Nasional di SMA negeri 6 Malang dimulai tanggal 14 Agustus 2023 yaitu sosialisasi dan briefing kepada peserta terkait jadwal, alur dan teknis pelaksanaan Asesmen Nasional. Selanjutnya kegiatan Gladi Asesmen Nasional dilaksanakan pada tanggal 21 dan 22 Agustus 2023. Gladi ini bertujuan untuk mengecek kesiapan sistem, latihan login dan latihan mengerjakan soal bagi peserta dan mengidentifikasi kendala yang dihadapi agar bisa segera diatasi. Asesmen Nasional dilaksanakan pada hari Senin dan Selasa tanggal 28 dan 29 Agustus 2023 bertempat di lab Komputer 1 dan Lab Komputer 2 yang diikuti oleh 45 peserta utama dan 5 peserta cadangan. Pengawasan pada Asesmen Nasional ini dilaksanakan secara silang dan SMA Negeri 6 Malang melaksakan pengawasan silang dengan SMA Negeri Taruna Nala Jatim.

Secara garis besar Asesmen Nasional di SMA Negeri 6 Malang terlaksana dengan lancar tanpa kendala berarti. Peserta hadir sesuai jadwal dan mengikuti alur yang sudah disampaikan sebelumnya dengan tertib. Terdapat dua (2) orang peserta yang berhalangan hadir karena sakit dan segera digantikan oleh peserta cadangan. Rangkaian pelaksanaan Asemen Nasional ditutup dengan pengisian Survey Lingkungan Belajar oleh Bapak/Ibu Guru Pendidik SMA Negeri 6 Malang. Sekian reportase kegiatan Asesmen Nasional Tahun 2023, sampai jumpa pada pelaksanaan Asesmen Nasional berikutnya! (*em)

Komentar

Form Komentar