GAYA HIDUP BERKELANJUTAN SEBAGAI PROYEK 5P KELAS XI 2023-2024

TanggalJumat, 13 Oktober 2023
Waktu11:58:45
TempatSMA NEGERI 6 MALANG

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (5P) merupakan bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 6 Malang. Pada awal Oktober 2023, sebanyak 686 siswa dari kelas X dan XI mengikuti kegiatan wajib tersebut. Masing-masing mengusung tema "Rekayasa dan Teknologi" untuk kelas X, dan "Gaya Hidup Berkelanjutan" untuk kelas XI.

Dalam tema "Rekayasa dan Teknologi", perserta didik didorong untuk dapat berkarya sesuai dengan minat dan bakat. Peserta didik berinovasi untuk menciptakan alat fungsional menggunakan bahan yang mudah ditemukan di sekitar. Dalam pelaksanaannya, masing-masing kelas dibagi dalam 4 tim yaitu tim produk, tim video, tim presentasi, dan tim pelaporan. Tiap tim berkolaborasi hingga menghasilkan sebuah karya berteknologi tepat guna. Sebanyak 10 hasil karya dipamerkan di acara gelar aksi pada hari Kamis, 12 Oktober 2023, diantaranya mobil tenaga surya, vacuum cleaner, robot pembersih tenaga surya, pembersih sampah otomatis, generator kincir air, AC portabel, robot pembersih, kipas portabel, pembangkit listrik tenaga angin (kincir angin), dan teropong bintang.

 

Sedang peserta didik kelas XI yang mengusung tema "Gaya Hidup Berkelanjutan" didorong untuk berkreasi dan karya dalam 3 bidang yaitu toga, daur ulang barang bekas, dan pembuatan lilin dari minyak jelantah. Peserta didik dibekali materi dari ketiga bidang tersebut kemudian diberikan waktu untuk berdiskusi dan bekerjasama dalam menghasilkan karya bermanfaat. Contohnya dalam bidang toga, peserta didik diberikan sebidang lahan untuk diolah dan ditanami toga. Kemudian peserta didik ditantang untuk dapat mengolah hasil toga tersebut sehingga dapat diambil manfaatnya. Seluruh rangkaian 5P ini menuntut peserta didik untuk berkolaborasi penuh dan melibatkan berbagai kemampuan skolastik dan kepribadian. (*rrp)

Komentar

Form Komentar