SIAPA PILIHANMU ? EDISI PEMILIHAN MPK DAN KETUA OSIS TAPEL 2023/2024

TanggalRabu, 13 September 2023
Waktu22:26:30
TempatSMA NEGERI 6 MALANG

Pemilihan MPK dan Ketua OSIS merupakan wadah untuk menyalurkan aspirasi bagi peserta didik SMA Negeri 6 Malang. Peserta didik diberikan kesempatan untuk menyampaikan hak suara mereka dalam pemilu tersebut. Tak hanya peserta didik, bapak ibu guru juga turut memeriahkan pesta demokrasi tahunan ini dengan ikut memilih kandidat MPK dan Ketua OSIS.

Pemilu yang diselenggarakan pada hari Rabu tanggal 13 September 2023 lalu, mencalonkan masing-masing tiga kandidat sebagai MPK dan Ketua OSIS. Seluruh kandidat berasal dari peserta didik angkatan 2022 dan 2023. Sebelum mengikuti pemilihan, mereka telah melewati tahapan seleksi dan uji elektabilitas yang melibatkan tim Kesiswaan SMA Negeri 6 Malang.

Penyelenggaraan pemilu kali ini dilaksanakan secara e-voting, dimana petugas pemilu mendatangi peserta didik pemilik hak suara di kelas masing-masing sambil membawa barcode. Kemudian peserta didik yang akan menyalurkan hak suara diminta untuk mengakses barcode tersebut menggunakan handphone masing-masing. Dengan mengakses barcode, peserta didik danpat memilih kandidat favoritnya. Hasil perolehan suara langsung terekam dalam mesin voting sekolah. Hal ini cukup memudahkan penyelenggara. Selain minim kertas, kalkulasi perolehan suara dapat segera diketahui. Demikian juga dengan bapak ibu guru, dapat menyalurkan hak suaranya menggunakan handphone masing-masing. Setelah melakukan voting, baik peserta didik maupun guru diminta untuk mencelupkan salah satu jarinya kedalam tinta yang telah disediakan oleh petugas pemilu. Hal ini sebagi bukti bahwa telah mengikuti pesta demokrasi tahunan tersebut. (*rrp)

Komentar

Form Komentar