SMA Negeri 6 Malang telah resmi mendeklarasikan menjadi Sekolah Ramah Anak (SRA) pada tanggal 26 November 2021 lalu. Demi melancarkan dan memantapkan diri, SMA Negeri 6 Malang melangsungkan kegiatan Workshop bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan tentang Sekolah Ramah Anak pada hari Kamis-Jum’at, tanggal 6-7 Januari 2022. Melalui workshop ini, sekolah menginginkan agar seluruh warga SMA Negeri 6 Malang dapat memenuhi, menjamin dan melindungi hak-hak yang dimiliki oleh anak. Selain dihadiri oleh Pendidik dan Tenaga Kependidikan, beberapa peserta didik juga ikut berpartisipasi dalam workshop ini.

Acara dibuka pertama oleh pembawa acara yaitu, Ibu Dwi Setiyo Prapbowati, S.Pd selaku Waka Humas, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang diikuti oleh seluruh peserta kemudian ditutup dengan do’a oleh Bapak Mahmud, S.PdI., M.Pd

Workshop hari pertama diawali oleh sambutan dari Kepala SMAN 6 Malang, Bapak Edy Parlindungan,S.Pd.,M.Pd. Beliau menyampaikan agar Bapak dan Ibu peserta mengikuti workshop sampai akhir karena banyak ilmu yang akan didapat serta senantiasa menjaga protokol kesehatan dimanapun berada. Sambutan lain diberikan oleh Ketua Panitia Workshop, Bapak Drs. Agus Nurul Hadi. Bapak Agus menceritakan pemilihan tema workshop kali ini yang sedikit berbeda, yaitu “Penerapan Disiplin Positif Mencapai Sekolah Humanis dan Bermutu”. Beliau mengatakan ini adalah workshop pertama yang mengusung tema ramah anak yang dilaksanakan di SMA Negeri 6 Malang.

setelah sambutan, dilanjutkan oleh pemberian materi pertama oleh perwakilan Dinas Sosial P3AP2KB, Ibu Luluk Khafifah, S.E.,M.M. Beliau menjabarkab pengertian-pengertian dasar dari lingkungan ramah anak, apa saja hak-hak anak dan bagaimana mewujudkan lingkungan yang ramah anak. Setelah pemaparan materi, diberikan kesempatan kepada peserta workshop untuk bertanya kepada Ibu Luluk.

Peserta workshop antusias ingin mendalami materi sekolah ramah anak ini. Untuk itu, diberikan hadiah bagi peserta yang memiliki pertanyaan bagus menurut Ibu Luluk.

Pemateri kedua dilanjutkan oleh pengawas pembina SMA Negeri 6 Malang, Ibu Khoirul Haniin, M.Pd yang membahas tentang kurikulum dan pembelajaran ramah anak. Peserta workshop mengikuti materi ini dengan saksama karena banyak hal baru yang dapat dipelajari.

Setelah ishoma, materi ketiga dilanjutkan oleh Bapak Drs. Agus Nurul Hadi. Beliau menjelaskan materi terkait program-program sekolah ramah anak yang akan dilaksanakan oleh SMA Negeri 6 Malang. 

Hari kedua workshop tanggal 26 Januari 2022 dilanjutkan materi oleh Bapak Wigonggo Among Anggono,S.Pd, M.Pd,Cht. Beliau merupakan guru di SMKN 6 Malang dan juga seorang hypnotherapist. Beliau memberikan materi hypnosis dan hypnoteaching kepada peserta workshop. Hypnosis dapat mengoptimalkan proses belajar mengajar di dalam kelas. Peserta workshop tampak antusias dengan materi tersebut.

Acara workshop sering diselingi ice breaking dengan pembagian doorprize bagi yang dapat menjawab pertanyaan. Bapak Ichwan Helami, S.S turut serta memberikan ice breaking bagi peserta workshop SRA.